5 Cara Menata Ruang Keluarga Agar Nyaman pada Saat Lebaran

Silaturahmi dan saling berkunjung adalah kebiasaan kaum muslim pada saat Hari Raya Idul Fitri atau yang sering disebut lebaran. Untuk melaksanakan hal tersebut, tidak sedikit masyarakat Indonesia  yang rela pergi jauh dari luar kota hanya untuk bertemu sanak saudara agar bisa melakukan halal bi halal demi mengharmoniskan hubungan kekerabatan. Mengingat hal tersebut, kegiatan bersih-bersih rumah sebelum lebaran serasa wajib hukumnya bagi sebagian besar umat muslim. Hal tersebut juga selaras dengan pemahaman bahwa arti Fitri yang berarti suci, bersih dari segala dosa, kesalahan, kejelekan, keburukan.

Agar sanak keluarga merasa nyaman pada saat berkunjung ke rumah kita, berikut ini adalah beberapa tips untuk menata ruang keluarga Anda:

  1. Pilih warna tembok yang cerah

Pada saat menyambut suatu perayaan, seperti hari raya dan pernikahan, mewarnai kembali tembok rumah adalah salah satu kegiatan yang sering dilakukan banyak orang agar rumah terlihat lebih bersih. Namun, memilih warna tembok yang tepat bisa menjadi hal sulit. Selain dapat mengubah suasana hati sang pemilik rumah, warna tembok juga dapat mempengaruhi suhu ruangan. Dengan demikian, pilihlah warna yang sesuai dengan kepribadian Anda, namun jangan pilih warna-warna gelap, seperti hitam, biru tua, merah marun, atau abu-abu tua. Warna-warna gelap tersebut dapat menyerap panas sehingga membuat ruangan terasa lebih panas. Warna putih, putih gading, dan krem bisa menjadi pilihan tepat untuk mewarnai kembali tembok ruang keluarga Anda.

  1. Letakan barang seperlunya

Jangan meletakan banyak barang di ruang keluarga. Selain membuat ruangan menjadi sempit, benda-benda yang ada di dalam ruangan dapat meningkatkan suhu ruangan dan menghambat aliran udara. Hal tersebut dapat membuat ruangan terasa pengap dan panas. Oleh karena itu, pilihkan beberapa barang yang sekiranya perlu untuk diletakan di ruang keluarga dan tata dengan rapih dan sedemikian rupa agar masih tersisa sedikit ruang kosong. Hal ini diperlukan agar kita dapat memberikan tambahan kursi atau karpet di ruang keluarga pada saat banyak keluarga yang berkunjung.

  1. Gunakan tirai

Selain untuk menambah estetika ruangan, penggunaan tirai juga dapat melindungi ruangan dari masuknya udara kotor dan sinar matahari dari luar ruangan. Terutama untuk Anda yang memiliki ruang keluarga yang menghadap Timur atau Barat. Sorotan sinar matahari langsung ke dalam ruangan akan meningkatkan suhu ruangan. Dengan

tirai. Sama dengan pemilihan warna tembok, warna tirai yang gelap juga dapat menyerap panas sehingga dapat meningkatkan suhu ruangan.

  1. Gunakan lampu seperlunya

Untuk membuat ruangan menjadi nyaman, Anda tidak perlu memasang banyak lampu di ruang keluarga. Terutama pada siang hari, gunakan lampu seperlunya saja agar ruangan tidak terlalu gelap. Hal tersebut bermanfaat untuk membuat suhu ruangan menjadi lebih sejuk.

  1. Letakan pendingin ruangan di tempat yang tepat

Temperatur ruangan menjadi faktor utama kenyamanan seseorang yang berada dalam suatu ruangan. Jika ruangan terlalu panas atau dingin, orang yang berada di ruangan tersebut pun  akan merasa tidak nyaman dan ingin segera meninggalkan ruangan tersebut. Untuk menghindari hal tersebut, menggunakan pendingin udara seperti kipas angin atau Air Conditioner menjadi salah satu pilihan untuk membuat ruangan lebih nyaman. Namun, jangan meletakannya di sembarang tempat. Jangan letakan pendingin ruangan Anda di depan pintu atau jendela. Jika pendingin ruangan tersebut diletakan di depan jendela maupun pintu, udara yang dikeluarkan dapat dengan mudah keluar ruangan. Terutama jika pintu atau jendela tidak tertutup rapat.

Gunakan pendingan udara yang tepat dan hemat listrik

Selama lebaran, biasanya banyak keluarga yang berkunjung dari pagi hingga malam dan semakin bertambahnya orang, bertambah juga suhu di ruangan tersebut. Hal tersebut mendorong kita untuk merendahkan suhu AC dan menyalakannya terus menerus. Karena hal tersebut, jangan kaget tagihan listrik menjadi lebih besar. Untuk menghindari hal tersebut, pilihlah AC berteknologi Inverter yang dapat memberikan suhu dingin yang konstan dan hemat listrik, seperti AC Silent King dari Gree. AC Silent King menggunakan teknologi 1Hz yang dapat menyesuaikan perubahan temperature sesuai dengan suhu lingkungan dan menjaga suhu ruangan pada temperature konstan, baik siang maupun malam, iklim apapun, berapapun jumlah orang, dan fluktuasi suhu ruangan hampir mendekati 0. Teknologi inverternya membuat efisiensi energi dan ramah lingkungan secara maksimum. AC Silent King ini mengeluarkan suara yang sangat sunyi sehingga tidak mengganggu Anda pada saat sedang mengobrol atau beristirahat. Selain itu, AC Gree menggunakan material yang terbaik dan aman sehingga membuatnya berfungsi maksimal dan tahan lama, bisa mencapai 20 tahun. Agar pengguna tidak merasa khawatir, Gree juga memberikan GOLDEN GARANSI, yaitu 3 tahun sparepart dan 5 tahun kompresor.

gree

 

Dengan menerapkan tips di atas, kegiatan silaturahmi akan semakin menyenangkan. Keluarga yang telah menempuh jarak jauh untuk berkunjung akan merasa nyaman berada di rumah kita dan dapat beristirahat.

Eveline Isnaini

Brand Communication Supervisor

PT GREE ELECTRIC APPLIANCES INDONESIA

Grand Slipi Tower lt 25B-D

Jl Letjen S. Parman Kav 22-24 Slipi

Jakarta Barat 11480

Telp :+62 21 2986 6178 – 80 ext 322

Hp    :0859 66260548 ( WA)

Email : eveline.gree.id@gmail.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*