Kenapa Singapura Keluarkan Peringatan Penggunaan HC

Komisaris Kementerian Tenaga Kerja Singapura, Departemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja dan SCDF (the Singapore Civil Defence Force), telah menerbitkan Surat Edaran Bersama yang ditujukan kepada Para Kontraktor/Teknisi Refrigerasi & Tata Udara Singapura, untuk ekstra hati-hati dalam menggunakan Refrigeran Hidrokarbon dan mengingatkan kepada mereka untuk memiliki tanggung jawab serta memastikan bahwa semua kegiatan operasi, pemeliharaan, perbaikan dan dekomisioning yang melibatkan HC refrigeran harus dilakukan secara aman, terkait kejadian yang berakibat kepada kecelakaan/cedera dan kematian yang melibatkan penggunaan refrigeran hidrokarbon. Demikian seperti yang dilansir dalam http://www.coolingpost.com/world-news/singapore-issues-hc-refrigerant-warning/

Dalam Surat Edaran Bersama tersebut juga Regulator telah mengingatkan kepada para pemangku kepentingan bahwa mereka memiliki tanggung jawab untuk memastikan bahwa disaat berbagai negara di  seluruh dunia sedang bergerak menuju penggunaan refrigeran alami seperti hidrokarbon, Singapura menerapkan kontrol yang ketat dan dalam beberapa kasus melarang penggunaan refrigeran hidrokarbon.

Penggunaan Refrigeran Hidrokarbon sedang dihapus secara bertahap dalam sistem penyejuk udara di Singapura pada akhir 2016 karena masalah keamanan yang sifatnya lebih mudah terbakar mereka. Refrigeran Hidrokarbon juga dilarang digunakan pada AC mobile dan pendinginan komersial sistem seperti coldrooms di supermarket, pabrik penyimpanan makanan dan proses industri sistem pendinginan. kontrol yang ketat dan langkah-langkah keamanan juga telah ditempatkan pada penggunaannya dalam pendingin domestik dan AC di sektor perumahan.

Kepada Para Pemasok Hidrokarbon Refrigeran di Singapura telah diberitahu tentang larangan tersebut pada tahun 2010 ketika SCDF mengatakan bahwa mereka telah memutuskan untuk tidak memungkinkan lagi menggunakan HC sebagai refrigeran dalam sistem AC karena menimbulkan risiko bahaya pada keselamatan penghuni didalam bangunan gedung.

Dalam Surat Edaran resminya pada bulan Desember 2011, SCDF mengatakan telah bekerja dengan instansi lain sejak September 2009 untuk melakukan review secara menyeluruh terhadap penggunaan refrigeran hidrokarbon di berbagai aplikasi. Sementara kita mengakui bahwa HC refrigeran memang memiliki keunggulan atas beberapa refrigeran lain dalam hal dampak lingkungan mereka, tetapi pertimbangan utama adalah bahwa HC refrigeran sangat mudah terbakar dan akan menimbulkan potensi bahaya keamanan kepada pengguna dan penghuninya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*