Sampai kapan R-410A boleh digunakan ?

Pasca disepakatinya Paris Agreement oleh lebih dari 195  Negara Anggota UNFCCC (United Nations Framework Convention on Clima Change), termasuk Indonesia yang telah meratifikasi “Paris Agreement” melalui Undang-Undang No. 16 Tahun 2016 Tentang Pengesahan Paris Agreement.

Bagaimana Peluang R-410A di masa depan pasca disepakatinya Paris Agreement, Masih amankah ?

Para Negara Anggota UNFCCC juga telah bersepakat bahwa Paris Agreement tersebut dianggap sebagai protokol baru yang akan menggantikan Protokol Kyoto sebagai kesepakatan bersama untuk menangani perubahan iklim dengan berbagai aspeknya dan berkomitmen untuk melakukan pembangunan yang rendah emisi.

Lalu bagaimana dengan nasib masa depan dari refrigeran yang termasuk kelompok HFC dengan nilai GWP yang sangat tinggi seperti R410A ? Dalam dunia phaseouts dan phasedowns nya versi EPA (Environment Protection Agency), ternyata R-410A tampaknya masih aman untuk digunakan sampai dengan saat ini.

Bagaimana Peluang R-410A di masa depan ?

Pertanyaan Ini mungkin tampak sederhana atau bahkan tidak perlu diucapkan, walaupun industri HVACR telah melihat sejumlah refrigeran dicoret dari klasifikasi “refrigeran masa depan” sebagai andalan di pasar untuk delisting peralatan dalam rentang satu generasi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*