Kokain, Rokok dan Refrigerant R22

BELGIUM: Kokain, Rokok dan Refrigeran R22 termasuk di antara tangkapan barang ilegal yang berhasil ditangkap dalam operasi skala besar yang menargetkan barang palsu oleh European Anti-Fraud Office (OLAF).

Sementara Operation Renegade terutama ditujukan untuk perdagangan internasional suku cadang mobil palsu, tambahan 400.000 barang palsu, termasuk permen karet, mainan, parfum, headphone, peralatan kebun dan kacamata hitam, juga terhenti di ambang pintu masuk ke Uni Eropa.

Juga disita dalam operasi tersebut adalah 8.1024 kg R22, 56 juta batang rokok dan 668 kg kokain.

Refrigeran R22 ditemukan dalam dua pengiriman selama operasi pada bulan April – satu dari 490 silinder dan yang lainnya 100 silinder. Asal zat pendingin (refrigerant) tersebjut belum jelas, namun penyelidikan awal menunjukkan bahwa tabunhg-tabung refrigerant tersebut dikirim ke Afghanistan dan Pakistan.

Di bawah koordinasi otoritas bea cukai OLAF, UE dan Asia melakukan pemeriksaan fisik yang ditargetkan pada lebih dari 400 kontainer. Sebagian besar pelabuhan Eropa terlibat dalam operasi tersebut, yang, selama dua minggu, menemukan beragam barang palsu.

Operasi tersebut dikoordinasikan oleh OLAF, dengan dukungan dari enam perwira penghubung bea cukai dari Bulgaria, Italia, Spanyol, Norwegia, China dan Europol, semuanya bekerja sama di Brussels. Selama fase operasional Renegade, OLAF memfasilitasi kerja sama antara Negara-negara Anggota UE, Norwegia, 12 negara Asia (Kamboja, Cina, India, Jepang, Laos, Malaysia, Pakistan, Filipina, Federasi Rusia, Singapura, Thailand dan Vietnam) , Interpol, Europol dan Kantor Penghubung Intelijen Regional untuk Eropa Barat (World Customs Organization).

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*