Pasarkan Musicool melalui Produsen Aicool

JAKARTA – Se­telah se­belumnya hanya di­pa­sarkan melalui agen dan langsung ke konsumen akhir, Pertamina untuk kali pertama bekerja sama secara business to business (B to B) dengan perusahaan pabrikan AC un­tuk menggunakan MusiCool sebagai initial filling-nya. Pertamina mengadakan kerja sama dengan Aicool, sebuah merek produsen Air Condotioning (AC), chiller, and ventilation dalam penjualan produk refrigeran hidrokarbon Per­tamina, MusiCool.

Penandatanganan Surat Perjanjian Jual Beli Produk MusiCool sebagai initial filling produk merek Aicool dilakukan oleh Vice President Domestic Gas Pertamina Basuki Trikora Putra dan Direktur PT Ilthabi Mandiri Tehnik Iwan Chandra, pada (7/12), di Lantai 13 Kantor Pusat Pertamina.

Hadir pula menyaksikan penandatanganan ini, Direktur Utama Indonesia Environment Consultant Ndang Kurniawan, Ketua Perhimpunan Ahli Refrigeran Hidrokarbon Indonesia Agus Maulana, Ketua Komunitas Refrigeran Hidrokarbon Indonesia Deddy Rachmat, Direktur Utama PT Mastratech Indonesia Da­vid Beh, serta Tim R&D Pertamina.

Vice President Domestic Gas Pertamina Basuki Trikora Putra mengatakan, Pertamina merasa bangga terhadap kerja sama ini, selain untuk mendukung penggunaan hidrokarbon refrigeran yang ramah lingkungan sebagai pengganti CFC R-12 dan HCFC R-22 penghasil karbon, kerja sama ini juga merupakan dukungan bagi perusahaan nasional milik putera bangsa, PT Ilthabi Mandiri Tehnik. “Kami sangat mendukung perusahaan swasta na­sional untuk bisa tumbuh dan berkembang dengan ker­ja sama B to B dalam meng­gunakan produk kami sebagai initial filling produk mereka. Dengan bersinergi,  kita bisa sama-sama tumbuh,” ucap pria yang akrab dipanggil Tiko ini.

Selain itu, Tiko men­jelas­kan, Refrigeran MusiCool yang dikembangkan oleh tim Research and Development (R&D) Pertamina dan dipro­duksi di Kilang Plaju tersebut akan mendukung produk me­rek Aicool dengan kapasitas initial filling yang akan terus meningkat secara bertahap. “Kami baru menyiapkan  se­kitar 10 ton per tahun. Ke de­­pannya, kita akan men-support dan mendukung PT Ilthabi dengan terus me­­nambah penggunaan Musi­Cool sebagai initial fillingnya,” ucap Tiko.

Pasarkan Musicool melalui Produsen Aicool1

Di sisi lain, Direktur PT Ilthabi Mandiri Tehnik Iwan Chandra yakin, kerja sama antara MusiCool Pertamina dengan produsen AC Aicool akan memberikan dam­pak yang baik untuk ke­ma­­juan teknik pendinginan di Indonesia. Mengingat kelebihan MusiCool yang hemat listrik dan aman, ser­ta mampu mengurangi pe­manasan global.

“Memang masih banyak proses yang harus kita lewati untuk membuat MusiCool dan Aicool ini bisa sukses di Indonesia. Tapi harapan ini besar sekali. Dan saya rasa dampaknya bisa meluas, ka­rena MusiCool memang refrigeran yang bagus,” ucap Iwan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*